Selasa, 22 November 2016

Meg Whitman || CEO Wanita dengan Gaji Termahal Di Dunia

CEO Wanita dengan Gaji Termahal Di Dunia
Di dalam sebuah perusahaan posisi CEO atau Chief Executive Officer pada umumnya memang banyak dipegang oleh kaum pria. Ya hal ini mungkin karena pria dianggap lebih mampu dalam hal memimpin dibandingkan dengan wanita.

Namun di era saat ini anggapan tersebut lama-kelamaan sudah tidak berlaku lagi, kita lihat saja saat ini telah banyak bermunculan para CEO wanita yang memiliki kemampuan kepemimpinan dan managerial yang tidak kalah dengan para CEO pria. Dan bahkan kemapuan mereka justru bisa lebih di atas pria, sehingga tidak heran jika ada atau mungkin beberapa perusahaan besar yang dipimpin oleh CEO wanita.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang kisah perjalanan hidup salah satu CEO wanita yang pernah mendapatkan predikat sebagai CEO wanita dengan gaji tertinggi di dunia. Anda terkejut? siapakah dia? Ya, dia adalah Meg Whitman. Mungkin nama tersebut tidak begitu familiar di telinga anda, namun di kalangan entrepreneur dunia beliau cukup dikenal dan banyak diperhitungkan. Ok langsung saja kita bahas.

Kisah Hidup Meg Whitman

Meg lahir dengan nama asli Margaret Cushing Whitman, Meg dilahirkan pada tanggal 4 Agustus 1956. Ia dilahirkan di pinggiran kota Long Island, New York. Tentang keluarganya, sebenarnya Meg bisa dikatakan terlahir di lingkungan  keluarga yang biasa-biasa saja. Ayahnya seorang wiraswasta bernama Hendricks Hallett Whitman dan ibunya bernama Margaret Whitman.
Meg tinggal dan besar di daerah Long Island, tumbuh menjadi anak yang cukup menonjol dibandingkan teman-teman nya. Meskipun secara umum kehidupan masa kecilnya sama seperti kebanyakan anak pada umumnya, namun siapa yang menyangka bahwa gadis kecil tersebut nantinya akan menjadi salah satu wanita paling sukses di dunia.
Meg bersekolah di Cold Spring Harbor High School, ia merupakan salah satu lulusan terbaik dengan nilai yang sangat tinggi. Meg kemudian melanjutkan studinya ke Princeton University. Di sana ia mengambil bidang matematika dan ilmu pengetahuan. Alasan Meg mengambil jurusan tersebut adalah untuk menunjang cita-citanya menjadi seorang dokter.
Namun setelah studinya selesai, ternyata jalan hidup membawa Meg ke dunia yang sama sekali berbeda dengan cita-citanya, yaitu dunia bisnis.

Biografi Singkat Meg Whitman

  • Nama : Meg Whitman
  • Nama Lengkap : Margaret Cushing Whitman
  • Tempat, Tanggal Lahir : New York, 4 Agustus 1956
  • Kebangsaan : Amerika
  • Pendidikan :
  • Jurusan Matematika dan Pengetahuan Alam
  • Princeton University
  • Harvard Business School
  • Suami : Griffith Harsh IV

Perjalanan Karir Meg Whitman

Karir Meg dimulai setelah menamatkan studi MBA nya di Harvard Business School, ia ditarik masuk ke perusahaan yang bergerak dalam industri hiburan Walt Disney (anda pasti tahu kan). Dari sanalah nama Meg sebagai seorang CEO mulai kian santer terdengar, hingga karir Meg pun kian bergulir ke beberapa perusahaan besar yang bergerak dalam bidang hiburan terbesar lainnya, seperti Procter & Gamble, perusahaan film animasi DreamWorks hingga perusahaan mainan Hasbro.
Meg memiliki visi yang maju, sehingga menjadikan dirinya banyak diinginkan oleh perusahaan-perusahaan besar ternama. Dan mungkin itu pula yang membuat Meg diminta untuk mengisi posisi CEO di salah satu perusahaan yang sedang berkembang dan sangat popular pada saat itu yaitu eBay.
eBay pada waktu itu memang sedang booming. Dengan semakin berkembangnya dunia internet, eBay menjadi salah satu ladang bisnis paling subur pada masa itu. Dan dengan masuknya Meg, perkembangan eBay semakin melesat tinggi.
Sebelumnya keuntungan yang didapatkan eBay hanya US$ 4 juta pertahun dan bisa naik hingga US$ 8 miliar pertahun setelah beberapa tahun Meg memegang perusahaan tersebut. Karirnya di eBay jugalah yang pernah mengantarkannya mendapatkan predikat sebagai CEO wanita dengan gaji tertinggi di dunia versi salah satu majalah bisnis internasional.
Setelah 10 tahun berkarya di eBay, Meg memutuskan untuk pindah ke perusahaan lain. Meg diberi tawaran oleh salah satu perusahaan komputer kenamaan HP (Hewlett-Packard). Tentu ini merupakan tantangan baru bagi Meg, menjadi CEO disebuah perusahaan yang sudah tumbuh dengan sangat pesat. Namun ternyata tidak butuh waktu lama bagi Meg untuk menyesuaikan diri dan hingga akhirnya berhasil membawa HP ke jenjang yang lebih tinggi lagi dan siap bersaing dengan pabrikan komputer besar yang lain.
Pencapaian ini bisa dikatakan sebagai puncak karir bagi seorang Meg Whitman. Dengan gajinya yang mencapai US$15,36 juta pertahun menjadikan dirinya masuk ke jajaran wanita terkaya di California, Amerika Serikat. Meg kian popular, prestasi luar biasa yang ia torehkan menjadi bukti bahwa wanita pun bisa berkarya lebih dari apa yang mereka bayangkan.
Meg Whitman merupakan sosok yang sangat inspiratif bagi banyak wanita di dunia. Mimpi besar dan kerja keras akan mampu membuat kita meraih apa yang kita inginkan. Semoga kisah Meg dapat menginspirasi kita semua ya. We are awesome!!.


EmoticonEmoticon